BREAKING

Sulitnya Bertanam Bawang Merah

Sulitnya Bertanam Bawang Merah




Kecamatan Kedungadem adalah bagian dari wilayah Kabupaten Bojonegoro yang terletak di sebelah timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lamongan. Kecamatan Kedungadem khusunya desa Duwel dinobatkan oleh Kabupaten Bojonegoro adalah sentra pertanian bawang merah.

Tidak hanya desa Duwel, di desa Kepohkidul pun juga produk unggulan pertanian adalah bawang merah. Dari Lahan pertanian (sawah) milik petani juga banyak yang ditanami bawang merah.
Dalam bertani bawang merah penduduk desa kepohkidul mengalami berbagai kendala. Kendala-kendala tersebut antara lain : Cuaca, kurangnya modal, kurangnya pemasaran hasil panen, pembibitan (harga bibit), penanggulangan hama dan skill dalam penggarapan lahan yang kurang.

1.    Cuaca
Kondisi cuaca yang tak menentu juga berpengaruh pada tanaman bawang. Cuaca terlalu kering juga tidak baik, banyak hujan juga berdampak buruk pada pertumbuhan bawang. Sehingga perlu mengkondisikan lahan yang lembab dan tidak kering.

2.    Kurangnya modal
Bertani atau petani bawang merah itu sangat membutuhkan modal yang besar khususnya dalam menggarap lahan. Besarnya biaya itu tidak lepas dari seluruh operasional penggarapan lahan yang tidak sekaligus jadi namun butuh berulang-ulang dalam menjadikan lahan yang spesifik untuk bawang.

3.    Kurangnya pemasaran
Hasil panen para petani itu selalu dipermainkan oleh para tengkulak atau para pemilik modal. Itu disebabkan kurang informasi dari seluruh pihak dalam pemasaran. Harga masih tinggi tetapi oleh para pemilik modal katanya harga turun.

4.    Pembibitan
Petani bawang merah resah waktu masa mulai tanam bawang merah. Sebab harga bibit sangatlah mahal bisa mencapai Rp. 30.000-35.000 dan mengambil di Nganjuk. Kadang-kadang stok bibit disana sudah habis.

5.    Hama
Bawang merah adalah tanaman yang sangat rentang dengan hama, hama tersebut bisa dari gulma ataupun ulat. Banyak petani merugi karena gagal panen disebabkan hama ulat. Ketidaktahuan tentang perantasan hama ulat sering mengakibatkan gagal panen.

6.    Skill/cara pegolahan
               Tidak semua petani bisa dapat mengolah lahan pertanian bawang merah. Sebab ini bertani bawang merah memerlukan kecermatan dan tanggap terhadap kondisi cuaca dan hama.



KIM ""

Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) Desa Kepohkidul.

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 KIM Waduk Pedang